Saturday, August 28, 2010

Seminar Nasional student Grant @Grand Sahid Jaya Jakarta..

Tidak Terasa saya sudah kembali lagi dari Ibukota, 2 hari kemarin terasa sedikit lebih panjang dari biasanya.. Mengingat begitu byknya acara yang disusun oleh DIKTI penyelenggara Student Grant IMhere..
Saya terpilih menjadi salah satu kandidat seminar umum, dari student grant yang mewakili UIB (uang ilang byk).. Saya pun sebenarnya tidak trll mengerti knapa saya bisa dipilih menjadi kandidat kali ini.. mengingat sebenarnya ada 10 mahasiswa yang mendapat Student grant ini, dan rasanya kebanyakan dari mereka jauh lebih pandai, pintar,ulet daripada saya.. Dengan rasa yang tidak begitu iklas juga, mau ga mau saya tetap mempersiapkan presentasi nya dan ikut berangkat ke Ibukota..

Walaupun sedikit telat brgkt ke airportnya, kita masi juga terkejar untuk penerbangan pertama GARUDA yang terbang pukul 08.10.. Saya kebagian tempat duduk di antara kedua dosen, pesawat baru saja take off dan pramugari segera menawarkan makanan dan minuman.. Saya melihat penumpang di samping deret kursi saya yang sedang makan, sedikit membuat saya pengen ikut sarapan.. Mengingat tadinya saya yang sedikit trburu2 berangkatnya dan juga tidak sempat sarapan paginya..
Namun kedua dosen saya ada di kiri kanan sedang berpuasa, mana boleh saya tidak show sedikit respect ke mereka ber 2.. malah asik makan di dpn mereka..
Maka pun saya tidak makan, pdahal lauknya terlihat bgitu membuat tergiur..

Kita tiba di bandara jakarta sekitar pukul 9.30.. dan langsung kita cari taksi menuju ke Grand Sahid Jaya hotel , jln.Sudirman..
Hawa panas, bgitu byk nya mobil yang berlalu serta macet yang hampir terjadi dimana mana membuat saya merasa tidak nyaman.. Megahnya ibukota, serta bangunan2 pencakar langit yang berdiri tegak di tengah kota terlihat begitu mencolok.. Rasanya masyarakat disini aktivitasnya hanya bekerja, bekerja dan bekerja saja..

Karena kepagian sampainya, kita blm bisa check in kamar hotel. akhirnya menunggu di lobby hotel,, selama menunggu kita bertemu dengan para peserta student & research grant lain.. Ada yang datang jauh2 dari Aceh, Medan, kalimantan barat, bahkan ada yg datang dari daerah Irian yang naek pesawat mesti 7 jam perjalanannya.. dan mereka harus datang 1 hari lbh awal daripada kita semua.. Sekitar pukul 1 siang, kita mulai berkumpul di Ball room tempat acara berlangsung, serta mengambil kunci kamar hotel yang sudah di sediakan..

Setalah melihat jadwal acara, saya terbagi di group Teknik Ilmu komputer dan fisika.. Dengan no urut ke 2..
Sedikit deg2an memikirkan harus presentasi di depan professor, dr, ir di bidang pendidikan yang diantaranya ada dekan2 universitas ternama di negara kita, seperti UI, ITB, Untar dan lainnya. Dengan sedikit berat hati, saya ke kamar ganti untuk mengganti pakaian kemeja, serta persiapkan data2 yang diperlukan untuk presentasi..

Sekitar jam 3 sore, saya sudah selesai melakukan presentasinya.. Walaupun secari garis besar terlihat bgs, saya juga lancar dalam presentasinya, namun masukan2 dari para penguji tersebut sedikit menusuk hati, asem2 rasanya,, walaupun katanya pelan2 saja.. Saya pun langsung balik ke kamar hotel untuk istirahat sebentar sambil menunggu jam buka puasa bersama dengan peserta2 dan panitia lainnya yang ikut dalam seminar nasional DIKTI ini..

Bso paginya tidak ada yang spesial juga di acara seminarnya, kecuali kedua dosen saya yang bgn sahur pagi2 sambil ntn bola, dan saya yang berputar putar mencari restoran untuk breakfast saja. Saya duduk di restoran sambil termenung melihat view dari dalam kaca restoran, angkot kota yang membawa penumpang penuh2, pekerja yang berjalan kaki melewati depan hotel, mengingat sekarang baru pukul 7.15 saja. Kalo di Batam, mgk saya masi sedang mimpi indah, tidur nyenyak di atas tempat tidur saya yang empuk, nyaman, sambil di kipasin ac kamar yang adem.. Setelah itu saya balik lagi kamar, berkumpul dengan dosen2 saya dan lgsg mengikuti acara penutupan seminar kali ini..

Dalam acara itu di umumkan pemenang dari masing2 group peserta, 1 dari mahasiswa untuk student grant, dan 1 lagi untuk dosen yang Research Grant..
Kemudian, setelah selesainya acara penutupan, salah satu dosen saya sempat ngajak kita jalan2 ke Tanah Abang, (pusat grosiran pakaian wanita, muslim, tas sepatu segala) dan saya cuman sempat makan aja di foodcourtnya dan tidak membeli apa2..

Saya pulang dari bandara soekarno hatta pesawat pukul 5.10 dan sampai di Batam sekitar jam 7.00.. Bus jemputan UIB juga sudah nyampe.. Inilah akhir perjalanan saya x ini.
Saya tidak mendapat penghargaan apa2, juga tidak membuat perubahan apa2, cuman ikut serta saja dalam acara seminar nasional yang rasanya cuman dengar namanya saja uda wow... Salah satu nasib baiknya, saya tidak terlalau mempermalukan UIB juga atas presentasi hasil yang saya lakukan. Walaupun rasanya tidak begitu asik, namun ini merupakan sebuah pengalaman yang baek yang tak akan saya lupakan dalam hidup ini..