Friday, August 13, 2010

Tradisi Bulan 7 untuk orang chinese..

Ghost, God... hantu.. tuhan.. balik dan di balik, sebenarnya kedua hal itu mempunyai persamaan.. dan Beda nya hanya tipis sekali antara kedua hal tersebut.. baik tuhan atau pun hantu adalah sesuatu yang tidak dapat lihat namun  dapat kita rasakan, ibaratnya seperti sejenak udara yang datang dan pergi begitu saja..

Bulan 7 lunar calendar, buat orang chinese adalah bulan pelepasan roh2 yang sudah meninggal , dan mereka bebas berkeliaran satu bulan penuh setiap mlmnya.. percaya?? tidak percaya?? walaupun saya tidak pernah melihat hantu dengan mata kepala sendiri, saya tetap pilih untuk mengikuti tradisi dan ikut sembahyang setiap tahunnya. Di hari pertama setiap keluarga chinese, yang tinggal di rmh.. harus sembahyang bermacam macam sesajian dan membakar kertas2 uang chinese yang dikatakan setelah dibakar uang itu akan di terima oleh  orang2 di alam lain.

kemudian di hari ke 7, di bulan 7 bagi mereka yang orang teochew dan berumur 17.. Harus menjalanin adat yang namanya "Chuk hue he", i don't exactly know what it means.. Tapi gw sudah pernah jalanin juga tradisi ini, mengingat kedua ortu gw ada orang teochew, walaupun gw pernah pcran ama orang hokkien, hainam, orang khek.. tapi apa hubungannya, mau merrid apa mereka ato engga tetap aja gw orang teochew.. heee...

Jadi apa sich spesialnya hari ke 7 ini?? apa yang harus dilakukan?? Apa yang tidak boleh dilakukan??? Apa yang harus dipantang?? Apa yang harus diinget, Apa yang harus dilupakan?? ini hanya sekedar pengenalan, jangan terlalu dianggap serius..
Back to topic*
Di hari ke 7 ini, anak yang berumur 17 tahun di wajibkan memakai baju, celana, bahkan cd, bra (untuk anaq wanita) baru dan semua harus berwarna merah... jrengg... ngeri bgt kan.. gw dulunya juga pake baju merah semua gtu serasa ang pao berjalan.. Dan pada hari itu anaq itu tidak diperbolehkan kemana mana, harus di rumah saja, ikut semua tradisi lain yang telah di tetapkan oleh nenek moyang kita.  Kemudian juga tidak boleh ketemu dengan anaq yang umur 17 juga, harus sembahyang ke dewa kasur, its like dewa di tempat tidur gtu dech, dewa langit, dewa bumi, dewa yang biasa di taruh di rumah. then makan makanan tertentu, ayam (ayamnya harus full set, bukan cmn dada ato paha, ada kepalanya, ada badannya ada ekornya, harus disusun rapi2) ikan, dan beberapa jenis lainnya.Pada saat makan harus di campur dengan ingredient tertentu, kecap manis dan beberapa seasoning lain yang gw ga tau apa itu.
sekali lagi saya cuman menjalani tradisi dan tidak tahu knapa bgitu dan knapa bgini.. Kemudian sewaktu makan juga harus disuapin ama nyokap.. Gila bukan.. umur 17 coy, masa makan di suruh mesti disuapin???? WTF.. dan sekali lagi saya cuman menjalani tradisi.

audience : Jadi seharian ngapaen aja nich??
hepi : ya, santai2 aja.. sambil nonton nongkrong, duduk2 saja ga ada aktivitas spesial.
audience : ???!!???!!!???

Inilah salah satu tradisi orang chinese, yang bahkan gw sendiri pun merasa aneh bin ajaib.. dan 2 hari lagi sudah bulan 7 hari ke 7.. bagi kln semua yang tetangga nya orang chinese, teochew.. Coba perhatiin, terutama di vihara2.. pasti byk yang baju merah seperti ang pao berjalan gtu.. Bagi yang pny informasi lebih, bisa di sharing juga disini.. Salam olahraga sejahtera..

No comments:

Post a Comment